Minggu, 18 November 2012

Tugas Sosiologi Agama


Sakral/Kudus/Suci

Menurut Yahudi

Menurut agama Yahudi bahwa kitab suci pedoman agamanya adalah Taurat. Kesucian dalam agama yahudi itu dapat diartikan sebagai sistem undang-undang yang mengenai agama dan suatu moral. Dalam sebuah kesucian itu memiliki dua aspek yaitu positif dan negative. Dalam aspek negative itu umat yahudi disuruh meninggalkan tentang keberhalaan, sedangkan dalam aspek positifnya itu harus berpegang teguh dalam kepercayaan yang telah diwahyukan Tuhan kepada mereka. Kata dari sebuah kebenaran telah dijadikan etika oleh orang-orang yang menganut agama yahudi. Karena orang-orang yahudi tidak akan dicintai oleh Tuhannya jika tidak berpegang teguh dengan sebuah kebenaran.
Ajaran etika yang terdapat dalam kitab Talmud, dalam kitab tersebut melarang kalau kita selalu berpura-pura dalam sebuah ucapan atau sebuah omongan yang keluar dari dalam mulutnya. Disamping itu Talmud juga menganjurkan untuk berbuat baik untuk kepada sesama manusia. Contohnya seperti mengunjungi orang yang sedang sakit, menghibur seseorang yang sedang berkabung, melayat, dll.
Dari penjelasan diatas sudah jelas tentang etika orang yahudi tidak berbeda jauh dengan ajaran etika agama lain terutama dalam agama Islam atau agama Nasrani.

Sakral/Kudus/Suci

Menurut Kristen

Menurut agama Kristen bahwa kitab suci pedoman agamanya adalah injil. Ajaran mengenai ketuhanan dalam agama Kristen yaitu maha sempurna, maha tahu, maha kuasa dan kekal, walaupun memiliki beberapa tiga oknum(pribadian) tapi tetap hanya satu tuhan yaitu Allah, agar memiliki pengetahuan illahi,satu kehendak, satu kehidupan illahi sehingga dapat disebut Tritunggal yang mahakudus yang tercantum dalam Credo Iman Rasuli. Umat Kristen bersyukur kepada Allah tritunggal karena Allah Bapa adalah “pencipta” segala sesuatu, karena menyucikan manusia. Menurut perjanjian baru menjelaskan tentang ajaran tritunggal yaitu:
A.    Tentang Allah Bapa
Dalam perjanjian baru tentang Allah Bapa dapat dijelaskan yaitu “Allah Bapa memelihara segala makhluk besar atau kecil, Allah Bapa mengutus Allah Anak, Allah Bapa mengadili memberi pahala dan menghukum, Allah Bapa telah menyerahkan segala sesuatu kepada sang anak, sang Bapa senantiasa beserta sang Anak.”
B.     Tentang Allah Anak
Dalam perjanjian baru tentang Allah Anak dapat disebutkan bahwa “ Allah Bapa dan Allah adalah satu, keduanya saling mengenal dengan sempurna, sang Bapa senantiasa beserta sang Anak”
C.     Tentang Roh Kudus
Perjanjian tentang Roh Kudus dapat disebutkan bagai berikut “Roh Kudus diutus oleh Bapa, Roh Kudus diutus oleh Allah Anak, Roh Kudus bekerja dalam Yesus Kristus, Roh Kudus bekerja dalam orang percaya.”

Terjadinya perjanjian baru itu dijelaskan pada saat:
1.      Ketika Yesus dibaptis oleh Yahya pembaptis
2.      Ketika Yesus masih dalam kandungan
3.      Ketika rumusan pemberian berkat
            Ditelusuri sejarahya sebetulnya tentang trinitas ini tidak ada dalam perjanjian Lama, demikian juga dapat ditinjau secara filosofis, trinitas tersebut dapat dilihat dikaitannya dengan pemikiran filsafat yunani. Philo berpendapat bahwa tuhan menciptakan dunia ini dengan logos yang keluar daripada-Nya sebagai sinar cahaya yang tak habisnya. Etika Kristen merupakan pengetahuan yang hanya menerangkan dan menguraikan tindakan dan kelakuan manusia dari sudut kepercayaan kepada hukum taurat dan injil dalam masalah-masalah “baik” dan “buruk” sebagaimana yang dikehendaki Allah. Etika Kristen bersumber dari alkitab, etika falsafi dan adat istiadat dari suatu masyarakat.
            Tujuan etika Kristen agar manusia mampu bertobat dan mampu melawan gangguan yang timbul dari watak sehingga manusia mampu menjadikan dirinya “ciptaan baru” seperti yesus kristus yang berarti pemberian hidup kekal dari Allah melalui Yesus, beriman kepadanya dan menerimanya sebagai Tuhan dan juru selamat manusia.

Sakral/Kudus/Suci

Menurut Islam

            Menurut agama islam suci itu adalah sebagian dari iman, hadis muslim dari Abu Malik Al-Harits bin Ashim Al-Asy’ari radhiyallahu’anhu, dia berkata: Raslullah pernah bersabda “bersuci adalah separuh dari keimanan, ucapan Alhamdulillah akan memenuhi langit dan bumi, sholat adalah cahaya, dan sedekah itu merupakan bukti, kesabaran itu merupakan sinar, dan Al-Quran adalah hujan yang akan membela atau menuntunmu. Setiap jiwa manusia melakukan amal untuk menjual dirinya, maka sebagian mereka ada yang membebaskannya dan sebagian lain ada yang menjerumuskannya.”.
            Ulama berbeda pendapat mengenai suci adalah sebagian dari iman, yaitu suci diartikan dengan suci dari najis maknawi yaitu dosa-dosa, baik dosa batin maupun dosa lahir. Karena iman ada dua bentuk, yaitu meninggalkan dan melakukan, maka tatkala sudah meninggalkan dosa-dosa berarti sudah memenuhi separuh iman.

Ritual Keagamaan

Menurut Yahudi

Agama yahudi mengajarkan adanya dua sakramen, yakni bersunat dan dari gereja diganti nama dengan upacara pembaptisan dan upacara paskah yang identik dengan suci bagi gereja. Upacara agama bagi orang-orang yahudi dapat disebut yaitu:
A.    Korban pengampunan dilaksanakan pada hari pengampunan besar
B.     Puasa dilakukan oleh umat yahudi pada hari pengampunan besar sebagai puasa wajib
Agama yahudi juga melakukan perayaan paskah untuk memperingati masa keluarnya bangsa Israel dari mesir. Selain itu juga terdapat upacara pantekosta dirayakan lima puluh hari setelah paskah, sebagai persembahan korban panen kepada tuhan untuk ucapan rasa syukur atas nikmat dan karunia-Nya. Dan hari suci Yahudi itu berpusat pada waktu ketujuh. Contohnya hari sabtu (sabbat) dimana umat yahudi harus beristirahat dan mengadakan perhimpunan suci secara berjamaah.

Ritual Keagamaan

Menurut Kristen

Ritual keagamaan yang dilakukan umat Kristen sebagai berikut:
A.    Ibadah
Benda-benda yang digunakan dalam ibadah oleh umat Kristen adalah al-Kitab, salib, dan Rosario.
B.     Liturgi
Menggambarkan tata cara urutan ibadah kepada penguasa Antonius Pius pada abad ke-2.
C.     Sakramen
Sakramen adalah ritus agama Kristen yang menjadi perantara rahmat illahi.
D.    Kalender Liturgis
Kristen protestan mengatur ibadah dalam jadwal kalender liturgis. Hal ini termasuk hari-hari suci misalnya hari perenungan yang memperingati sebuah kejadian didalam hidup Yesus Kristus, hari-hari puasa, atau perayaan-perayaan biasa seperti memperingati orang-orang kudus.
E.     Kebaktian subuh
Kebaktian ini adalah kebaktian yang dilakukan pada Paskah. Kebaktian ini dipraktikkan oleh gereja Protestan dan sama seperti kebaktian malam Paskah yang dijalankan pengikut Katolik Roma, Ortodoks Timur, Anglikan, dan Lutheran. Kebaktian ini dilakukan di luar ruangan, biasanya di taman.
F.      Baptisan
Baptisan dikenal sebagai ritual inisiasi Kristen yang melambangkan pembersihan dosa. Baptisan juga melambangkan kematian bersama Yesus. Dengan masuk ke dalam air, orang yang dibaptiskan itu dilambangkan telah mati. Ketika ia keluar lagi dari air, hal itu digambarkan sebagai kebangkitannya kembali.
G.    Doa
Pengajaran Yesus tentang doa pada khotbah dibukit menggambarkan bahwa doa secara kristiani hanya memakai sedikit faktor eksternal atau tidak ada sama sekali seperti misalnya harus menggambar simbol-simbol tertentu atau harus menyembah hewan-hewan tertentu.

Ritual Keagamaan

Menurut Islam

Dalam agama islam ritual yang biasanya dilakukan adalah sebagai berikut:
A.    Shalat
Secara bahasa shalat berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti dan sebuah doa. Sedangkan, menurut istilah, shalat bermakna serangkaian kegiatan ibadah khusus atau tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.
B.     Berpuasa
Berpuasa dalam ajaran agama islam adalah salah satu cara untuk menghapus noda yang melekat dalam diri manusia itu sendiri. Setiap bulan Ramadhan dikenal dengan adanya puasa wajib yang dilakukan sekali dalam setahun. Dalam berpuasa juga mengenal istilah malam lailatu Qadar yaitu adalah malam yang baik dariseribu bulan. Karena seseorang berhasil dalam berpuasa akan merasakan kedamaian yang luar biasa dalam hatinya.
C.     Sholawatan
Sholawatan adalah sebuah ritual pembacaan bait-bait kalimat yang dilafazkan dengan setengah bernyanyi dan suara melengking. Dan dibarengkan dengan tabuhan trebang dan kendang sebagai alat musik nya. Kalimat yang di bacakan adalah petuah atau petunjuk yang diambil dari kitab Islam Kejawen. Ritual ini dilakukan pada orang yang mempunyai hajatan contoh ; Sunatan, Mitung Mbengeni dan lain-lain.
D.    Tahlilan
Tahlilan adalah ritual/upacara selamatan yang dilakukan sebagian umat Islam, kebanyakan di Indonesia. untuk memperingati dan mendoakan orang yang telah meninggal yang biasanya dilakukan pada hari pertama kematian hingga hari ketujuh, dan selanjutnya dilakukan pada hari ke-40, ke-100, kesatu tahun pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Ada pula yang melakukan tahlilan pada hari ke-1000. Ritual/upacara ini (berkumpul-kumpul di rumah ahli mayit, berzikir dan membaca sejumlah ayat Al Qur'an, kemudian mendoakan mayit), menurut berbagai sumber, bukan merupakan ajaran Islam. Bahkan, berdasarkan hadist, ritual ini diharamkan, apalagi jika ritual itu dirukunkan pada 1-7 hari, 40 hari, 1000 hari, atau dengan rukun-rukun lainnya. Ritual/upacara ini oleh beberapa ulama digolongkan sebagai bid’ah.
Upacara tahlilan ditengarai merupakan praktik pada masa transisi yang dilakukan oleh masyarakat yang baru memeluk Islam, tetapi tidak dapat meninggalkan kebiasaan mereka yang lama. Berkumpul-kumpul di rumah ahli mayit bukan hanya terjadi pada masyarakat pra Islam di Indonesia saja, tetapi di berbagai belahan dunia, termasuk di jazirah Arab. Oleh para da'i pada waktu itu, ritual yang lama diubah menjadi ritual yang bernafaskan Islam. Di Indonesia, tahlilan masih membudaya, sehingga istilah "Tahlilan" juga dapat dikonotasikan sebagai memperingati kematiannya seseorang.
Tahlil, takbir, tahmid dan tasbih pada dasarnya merupakan zikir yang sangat dianjurkan. Akan tetapi berkumpul-kumpul di kediaman ahli mayit, apalagi dirukunkan pada hari 1-7, 40 100, dan 1000, kemudian dijamu oleh ahli mayit, berdasarkan hadits adalah perbuatan haram.
E.     Berkurban
Kurban adalah salah satu ritual ibadah pemeluk agama Islam, dimana dilakukan penyembelihan binatang ternak untuk dipersembahkan kepada Allah. Ritual kurban dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (hari nahar) dan 11,12 dan 13 (hari tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.
F.      Haji
Haji dalam ajaran agama islam masuk dalam rukun Islam yang ke-6. Tetapi haji diwajibkan untuk orang yang mampu saja. Dalam pelaksanaan haji juga termasuk dalam kalender islam(bulan dzulhijah)
G.    Berzikir
Berzikir ini bertujuan untuk selalu mengingat dan menyebut nama Allah SWT.
H.    Bertadarus
      Bertadarus yakni membaca kalimat Allah SWT (Al-Quran).
I.       Bertahajud
Bertahajud yang berarti bangun malam untuk melakukan sholat tahajud.
Dan masih banyak lagi.

Apakah fungsi Agama memungkinkan masyarakat berkonflik dan melakukan tindak kekerasan atas nama agama?

Dari yang dapat kita lihat bahwa fungsi agama juga dapat membuat sebuah permasalahan dalam masyarakat. Fungsi laten yang positif hanya menunjukan salah satu pengaruh agama terhadap masyarakat. Banyak sekali yang berpendapat bahwa agama adalah menjadi salah satu penyebab perang, keyakinan agama pun juga sering menimbulkan suatu sikap yang saling tidak toleransi.
Contohnya kombinasi konflik sosial dengan agama pada abad kesebelas merupakan tanda-tanda awal dari kombinasi protes agama dan protes sekuler, identifikasi ideology keagamaan dengan dorongan kekuasaan, yang akhirnya menjadi ciri khas periode reformasi. Seprti yang dikemukakan oleh Troeltsch yaitu “dalam situasi kritis ini kaum awam sudah siap menerima pengaruh sekte kuno yang kian berpengaruh yang secara dogmatis hanyalah semi Kristen, tetapi didalam organisasinya mengandung warna sekte Kristen awam, dan pengaruh kritik sesuai dengan Al-Kitab, dan standart Kristen primitive.” Sebenarnya contoh awal dari kombinasi protes agama dan sosial ini dikemudian hari dalam periode reformasi.

Daftar Pustaka

*O’dea, Thomas F. 1995.Sosiologi Agama.Jakarta;PT Rajagrafindo Persada
* Ali MA, Prof.Dr.H.Abdullah.Agama Dalam Ilmu Perbandingan.Nuansa Aulia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar